Senin, 24 Oktober 2011

Pernikahan Milky Way dan Andromeda (Antara Tabrakan dan Tumbukan)

Hiihiii,,dari judulnya,,ketauan kan kalo yg diomongin itu galaksi?? Tp pas nulis postingan ini, berasa banget saia kepengen jadi Andromeda yg menikah dgn Milky Way (di Indonesia lebih dikenal Bima Sakti). Selintas,,saia cuma tau Andromeda itu nama galaksi yg paling dekat dengan galaksi kita *deuu,,galaksi kita,,galaksi Tuhan kaliii*,,si Milky Way (Bima Sakti).

Searching punya searching,,ternyata nama Andromeda dr galaksi tetangga kita itu berasal dari mitologi Yunani. Andromeda adalah putri (cantik katanya,,dan biasanya memang putri2 di mitologi Yunani cantik2,,hehee) dari raja dan ratu Ethiopia, Cepheus dan Cassiopeia (kayaknya nih Ethiopia jaman dulu beda sm jaman sekarang, terutama rupa2 penduduk2nya). Jadi,,kalo dikasih gender,,kayaknya Andromeda ini putri galaksi,,dan Bima Sakti itu pangeran galaksi,,..
Andromeda, oleh M. Arosa (1892)
Galaksi andromeda itu sendiri pertama tercatat sebagai "awan kecil" oleh astronomi Persia yg bernama Abd-al-Rahman Al-Sufi di sekitar tahun 905M. Kenudian, ahli astronomi berkebangsaan Bavaria, yaitu Simon Marius, menemukan galaksi ini dan mencatat pertemuannya pada thn 1612. Tanpa mengetahui penemuan dua orang astronom tersebut, keberadaan andromeda kemudian dikonfirmasikan oleh beberapa ahli astronomi dunia pada tahun-tahun berikutnya.
Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda dikategorikan sebagai galaksi raksasa karena memiliki diameter sekitar 200ribu tahun cahaya atau dua kali lebih besar daripada galaksi Milky Way (ga usah dibayangin,,pokoknya gede banget!). Andromeda memiliki massa 300-400 billiun kali massa matahari. Bentuknya yg bulat khas dan ukurannya yg besar membuat galaksi ini mudah diamati dlm kondisi langit yg cerah dan dgn menggunakan teleskop sederhana.. (err,,kayaknya biar kata pake teleskop canggih,,saya ga bisa bedain ntar mana awan mana galaksi,,hihii,,salut deh buat dua astronom pertama yg ngeh sama Andromeda,,pake dicatat pula sama mereka..brarti mereka sadar itu sesuatu yg different dibandingkan benda langit lainnya yg biasa diliat,,keren..)

Btw,,tentang pernikahan Milky Way dan Andromeda yg saia harapkan tadi,,searching punya searching lagi,,ow ow,,ternyata sepertinya mereka benar2 akan menikah.. (bahasa gawatnya: bertubrukan). Dan ternyata lagi, berita ini sudah dilansir oleh koran Jawa Pos pada edisi 14 April 2004. Whattt?? Kemana aja saia selama ini?? 2004,,pasti saia lagi sibuk2nya ikut organisasi BEM jurusan di kampus,,ikut pelatihan sana2 sini,,hihii..
Well,,kata  Agung Waluyo dr George Washington University (knp ga disebutin rumahnya sih? kenapa musti kampusnya yg luar negeri pula?? Kan kalo disebut Agung Waluyo, Medan *loh?* berasa banget kan indo nya.. hmm,,biarin deh,,toh artikel 7thn yg lalu,,mungkin karena isinya laporan ilmiah,,maka lembaga akademiknya yg disebut..) #protes sendiri adem sendiri
...kalo kita bisa kayak Doraemon,,punya mesin waktu, atau punya kamera yg bisa melihat kejadian2 masa depan, niscaya kita akan bisa menyaksikan perhelatan kolosal fenomenal bombastal *halah, maksa* dari bersatunya galaksi Milky Way dan Galaksi Andromeda.. (kalo kayak bgini ngomongnya, berasa yg mau bersatu tuh dua manusia, dua kucing, atau menyatukan dua jenis tanaman yg bakal menghasilkan tanaman baru dgn rupa yg biasanya jauh lebih indah),,tapi guys,,ini galaksi..galaksi cuy! Agung Waluyo membahasakannya dgn tabrakan,,*kayaknya ini lebih tepat*. Saat ini (sekitar waktu dilansirnya berita), andromeda sedang melayang mendekati milky way dgn kecepatan 300.000mil/jam. 100x lebih cepat dari peluru yg melesat dgn kecepatan tinggi! Kalo udah bertabrakan?? Andromeda akan mengubah galaksi Milky Way kita selamanya,,nah pertanyaannya? berubahnya jadi apa dan kayak apa prosesnya??
Agung Waluyo menggambarkan kalo saat galaksi kita bertabrakan dgn Andromeda, maka jutaan bintang akan terlempar dari orbitnya. Awan debu dan gas angkasa akan bertabrakan di antaranya. Lantaran sedemikian kerasnya tabrakan tersebut, lahirlah jutaan bintang baru. Proses yg bisa terjadi selama ratusan juta tahun itu akan merobek struktur dua galaksi raksasa tersebut. Nah loh? kalo bgini mah,,biar kata bisa kayak Doraemon juga,,mana bisa santai kalo kita ada di dalam prosesnya?? Kayaknya udah pada punah duluan kehidupan. Kecuali kita minta tolong sama kawan se-semesta kita tapi beda galaksi buat ngerekam kejadian itu.. *maksudnya alien gitu?*

Ternyata ,,selain bertabrakan,,dua galaksi juga bisa bertumbukan,,apa bedanya? Kalo bertabrakan kayaknya bakal ada kerusakan, kehancuran, dsb.. kalo bertumbukan?? Hmm,,ini mungkin yg namanya dua galaksi menikah. Gaya gravitasi membuat setiap benda angkasa mengalami gaya tarik menarik dgn benda angkasa lain (kata om Isaac Newton yg ulang tahunnya tgl 4 Januari). Jika dua galaksi berada cukup dekat antara satu dgn lainnya, maka gaya gravitasi akan menarik keduanya utk saling mendekat. Seperti galaksi Milky Way dan Andromeda. Nah, bedanya bertumbukan dan bertabrakan, kalo bertumbukan, matahari dan sistem solar kita tidak berbenturan dgn bintang lain, melainkan akan berlayar tanpa dipengaruhi oleh situasi sekeliling melewati galaksi yg sedang berubah bentuk. Ketika dua galaksi bertumbukan, bintang2 akan berpapasan (say haaaaiii :D). Mungkin bisa dibayangkan kayak mobil2 di jalan raya.. Seruwet apapun, asalkan masing2 sesuai dgn jalurnya,,ga akan ada yg tabrakan.. Hebat ya.. Hebat bgt deh Allah yg sudah menciptakan ini semua dan mengaturnya sedemikian rupa. Kalo udah begini don't forget say SUBHANALLAH... :)
So,,tentu kalaupun harus terjadi, kita pasti lebih memilih Bima Sakti dan Andromeda bertumbukan,,sehingga membentuk galaksi baru yg lebih hebat, dan lebih besar di semesta.. Dan mudah2an juga membawa kepada keadaan lebih baik bagi kehidupan, walaupun bumi yg cuma bagian kecil dari tata surya yg juga cuma bagian kecil dari galaksi.. *loh emang siapa yg ngomongin bumi? hehee,,emang kehidupan cuma ada di bumi??*

*ngguuuunnngggg -suara UFO mendarat- "kami datang dgn damai,,blketekprktekrkrrktkkktk"

Sumber: wikipedia dan fisik@net.. Tx a lot^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar