Selasa, 04 Oktober 2011

Hari Norak Sedunia (jajal Pelayanan Terbuka Perpusnas Balaikota)

Hari ini saia heeebbuuaaaatt banget,,heheheee,, Bersyukur hari ini dikasih kesempatan untuk melewati momen2 norak bareng temen2.. Sebenernya sih saia doang yang norak (bahasa kerennya: excited). Karena hari ini untuk pertama kalinya saia mengunjungi perpusnas balaikota (deket monas, persis depan shelter busway balaikota). Tapi sebelum sampe perpusnas pun,, saia sudah mengalami momen2 norak,,banyaaakk bgt yg baru saia tau.. Then the story begin..

Untuk ke perpusnas, saia janjian sama teman saia (nissa) di shelter busway cawang-uki..padahal dua temen yg lain (puteri dan septi nunggu di shelter harmoni) Terus knapa saia janjian di cawang-uki? Soalnya kalo langsung ke harmoni,,saia jiper,, takut salah naik busway lah, takut salah ngantri di pintu.. takut salah turun,, pokoknya serba takut.. Padahal hari ini rencananya saia pengen seneng2 dan foto hal2 yg menurut saia menarik dgn hape soner xperia-xperia-an (CK15i txt pro) saia.
#halaaahh, pake disebut mereknya.. tapi ni hape keren abis emang kameranya.. bikin saia yg mukanya es-te-de jd gimanaaa gitu.. --mau ngomong fotogenik malu saia *blush*--

Dan ternyata bener kan? sampe di shelter cawang-uki saia jiper liat ada dua pintu antrian.. trus liat busway yg ada tulisan jurusannya sekarang.. ketimbang saia keliatan bingungnya, mending nunggu si nissa, terus beli tiket bareng. Ini pertama kalinya saia naik busway dr shelter cawang-uki..hebat kan? (hebat dari mana?? katanya tadi jiper???!! --ups,tenang..kok saia sndiri jadinya yg emosi--).
ini dia ni busway yg bikin jiper,, nongol dgn tulisan di depannya PGC-Harmoni..
abis ngedumel saia baru inget kalo itu busway yg harusnya saia naikin,,hihiii,,tak apalah,,toh nissa blm dtg (ini masih di depan loket)
Finally, nissa datang, tiket pun dibeli, tiket disobek, tiket pun dibuang sama nissa.. *haaaahh?? dibuaaang?? aduh nissa,, itu kan pengen saia poto dulu buat kenang2an (lebay tp serius).. this is my first moment!! Akhirnya tiket yg udah dibuang di tong sampah alumunium itu (liat di poto shelter cawang-uki deh, ada itu tong sampahnya keliatan) saia ambil lagi, saia simpen, dan saia ngantri.
ini pintu yg mau ke pluit
ini pintu yg mau ke tj.priok
Di pintu ke tj.priok inilah saia mengantri.. saia mepeet aja sama nissa,, soalnya pernah kejadian.. saia udah naik bus, temen saia ketinggalan.. sebaliknya juga pernah temen saia naik, saia distop sama petugasnya,,dsuruh tunggu next bus.. makanya saia sekarang nempel2 sama nissa biar tu mas2 yg jaga tau kalo kita temenan,,jadi gak maen dipisah2 gitu aja,, *saia udah masang tampang "paketan, mas"!*

Setelah beberapa busway lewat,, akhirnya busway jurusan PGC-Harmoni datang.. (susah ambil fotonya,,ketutupan orang2).. dan o'oow!! di barisan ini ga da yg naik..yg turun jg cuma dua! GA KEBUKA JALUR!! Tapi nissa udah ga keliatan..nahlo??!! (nyempil kmana tu anak?).. So,, dengan gagah berani saia mengambil keputusan utk pindah pintu dan naik dr pintu yg bertuliskan pluit! Beuuhh,,trnyata di pintu ini byk yg naik,,jadi antrian agak longgar.. Loh? gmn sih? bukankah harusnya dr pintu tj.priok naiknya kalo mau ke harmoni? udah gitu saia ga papa tuh ternyata pindah pintu,,, aahh,,indonesia.. galau sekali peraturannya. Di busway saia cari2 nissa.. ternyata ada,,di dket pintu busway bagian depan,, agak susah juga nyari dia,,scara ketutupan orang2,,hahaaaa.. ups,,kawan,, mari kita rayakan pertemuan kita di busway ini setelah sekian detik berpisah,, dengan berpoto bersama.. *say,,"kitacantiik".. cekrek!*


Di busway, saia berhasil rebutan bangku sama nissa (aslinya sih nissa yg ngalah,,karena saia memohon --abis berat bener bawaan saia, kawan). Dan ini buktinya saia dpt duduk dr dia..

Kenapa foto ini jadi bukti? Pertama, liat engle saia mengambil foto,,terlihat ngambil foto dr bawah kan? Kedua, liat raut muka nissa.. terlihat sekali dia terpaksa mengalah,, karena memang di busway harus mendahulukan ibu yg bawa anak.. so,nissa,, orang pasti percaya gw ibu, dan lo anak gw,, jadi.. dahulukanlah ibunya.. begitu bukan??

Sepanjang perjalanan di busway,, menuju monas memang sesuatu banget! Terutama bangunan2 tuanya.. Sekian banyak moto, cuma ini yg enak diliat,,hmm,,anggun dan megah ya,,gak terlalu besar,,pas sekali di kamera saia,, kalo istiqlal,,saking besarnya, gak muat di kamera saia,,karena terlalu dekat pula jarak busway dgn istiqlalnya..jd gak bagus hasil potonya kawan2,,padahal tdnya pengen upload dua2nya :(

Gereja Katedral Jakarta
Horeeee,,sampailah kami di shelter busway Harmoni!
Ternyata di bawah shelter itu kali looohh!! baru tau saia,,ngeri juga nih kalo lagi padet jam kerja shelternya..ckck..
Miss Korea pun tiba..
mesin minuman otomatis
ini panel2nya,, tampak mudah..tapi bikin hati gelisah...

AAARRGGHH!! Baru liaaat saiaaaa,,yg biasa ada di tipi2,,di komik2 jepaaangg,, mesin minuman otomatis!! haah,,saking takjubnya saia belum berani nyoba,,padahal ada petunjuknya.. hmmm..suatu saat,,harus nyoba!! Gimana mau kuliah di luar negeri kalo nemu mesin beginian aja jiper??

Dari shelter harmoni, ternyata saia harus naik busway lagi,,yang ke shelter balaikota,,itu perpus adanya di sebrangnya shelter balaikota,, dan ini dia shelter balaikota nyaaaa :D

nissa - septi
pencetan buat lampu merah penyebrangan dan bapak yg tidak jelas

Ini dia objek yg saia tunggu2 utk diabadikan kalo ke kawasan monas lagi.. bukan si bapak2 yg gak jelas mau di poto apa gak,, tapi tombol lampu merah penyebrangan ini loh.. yang kalo dipencet,,beberapa detik kemudian lampu merah di atasnya nyala, dan kita bisa nyebrang deh.. tombol ini ada di dua sisi jalan,,jadi tinggal dulu2an yg mana aja yg dipencet.. (bapak ini sempet nanya,,"mau foto tombol ini mba?" "iya,pak",,-trus dia mencet tombol itu..saia pikir dia mau ikutan dipoto,,ternyata mblakangin saia,,deehh ni bapak,,galau bener sih..).

DAAANNN,,tededeeenngggg.. akhirnya sampai juga di Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI.. Hmm,,gedung yg antik,,model2 jaman batavia gitu deh..hehee.. ini tampak depannya..
ada air mancurnyaaa,,so make me calm..
ya..ya..ya..? kaya rumah tempo doeloe ya? kereennn..
Pas masuk??? wuidiiihhh,, *pasti muka saia langsung norak kuadrat..* COZY banget kawaaaannnn!!!! buat kalian yg pernah ke perpusnas pusat yg di salemba,,memang di sana lebih besar,,nyaman juga,,tapi agak kaku dan std kantoran gedung, ruangan dan dekornya.. coba liat tampilan dalam perpusnas balaikota ini.. berasa kayak di perpustakaan luar negeri,.. (eh, ga tau deng saia perpus luar negeri kayak apa,, tp yg jelas,, di dalem sini kayak lagi gak di perpus (lebay tp serius)..
ini meja resepsionis...
Meja ini yang pertama kali kita datangi ketika masuk perpus, utk mengisi daftar tamu, kemudian meninggalkan ID (kalo udah punya kartu anggota perpus, bisa pake itu. Kalo belum ada, bisa pake KTP. Terus, kita akan dapat kunci loker buat nyimpen barang2 kita. Ga boleh bawa tas apapun kawan :)
ruang utama lantai bawah (kayak ruang tamu yg banyak sofa,,terus keliatan tangga menuju lantai atas
ini ruangan utama lantai atas
ruang utama lt.bawah bagian belakang
it's me! :)
Miss Korea,,lagi baca tabloid gossip
 Dan ada bilik2 nya kawan.. bilik2 ini isinya buku2 dengan kategori tertentu..
ilmu sosial
All about Korea.. ada juga vcd-dvd yang bisa dipinjem.. keren kan??
bilik sastra
ruang baca anak
Pernyataan: Ruang ini merupakan hasil dukungan dari Perpustakaan Nasional Republik Korea agar dapat terbentuk pemahaman dan pengenalan budaya di antara Indonesia dan Korea.
buku anak Korea,,lucu deh..
saia tuh elegan banget ya... ckck...
Sebenernya masih banyak bilik lain kayak bahasa, olahraga dan kesenian, multimedia, agama, dll.. tapi saianya gak sempet banyak moto. Soalnya kan saia ke sana juga mau ngerjain tugas...
Teruuss,,ada masjidnya di luar gedung.. kamar mandi di dalam gedung perpus ada,, tapi saia ga tau bentuk dan rupanya,, karena tadi langsung menggunakan kamar mandi masjid, lalu sholat..
masjid apa deh ga tau namanya
puteri dan nissa abis sholat,, termasuk saia kok.. (takut ga diaku gitu)
Terus ada beberapa teknologi cihuy yg baru ini saia liat dan pegang... sumpah,,ini norak abisss (saianya maksudnya)
TV layar sentuh yang gedeeee banget... isinya ttg informasi perpusnas ini
peminjaman buku mandiri. taro bukunya, pindai kartu kita, pencet sana pencet sini.. dan voala!! kedata deh peminjaman kita.. (begitu bkn ya? hehee..saia cuma nebak, kawan.. dari ngeliat sekilas alat dan petunjuk penggunaannya..)
Karena saia belum punya kartu anggota perpusnas baik yang di sini maupun yg di salemba (karena 1 kartu itu bisa berlaku di keduanya), maka di perpus balaikota ini saia bikin kartu anggota. Caranya:
1. Ngomong ke orang di resepsionis
2. Isi formulir bolak-balik.
3. Siapkan fotocopy KTP. Kalau tidak ada, bisa fc di sana kok. 500perak.
4. Serahkan formulirnya, tunggu.. nanti dipanggil untuk di foto.
5. Foto di ruang multimedia. Boleh minta ulang kok kalo menurut kita hasilnya gak bagus. Tapi jangan minta sampe lima kali ya... (kalo udah 3x hasilnya ga memuaskan juga, ya udah sih terima nasib,,mungkin muka kita mentok kaya gitu.. ga bisa dipaksain lebih bagus lagi). Owiya, perpus ini buka sampe jam 17.30, tapi pengembalian buku cuma sampai jam 12.00.. so,,diperhatikan baik2 ya..
this is my library card member :))
Owiya, kalo mau pinjem buku pertama kali, pastikan kita punya telepon rumah yang bisa dihubungi dan ada yang angkat.. Sayang sekali hari itu di rumah saia tidak ada orang, jadi ketika ditelp sama mbak resepsionis, ga da yg angkat. Alhasil saia belum bisa meminjam buku saat itu juga.

Setelah nemu tempat yang pewe buat ngerjain tugas, saia dan kawan2 memulai kerja rodi kami. Tapi gak lama, ada anak cowok yg nyamperin...
Co: Permisi kak, boleh ganggu sebentar ga?
Me&fren: #diem dulu,,ni mas2 kira2 mau ngpain ya? kalo nawarin katalog or dagangan? oowh..tidabissaa...
Me: Hm,,ganggu buat apa dulu ni?
Co: Hmm, gini.. saia mahasiswa GICI Bussines School, saia dapet tugas untuk menguji mental saia. (suarahatisaia: nahlo, jangan2 dia minta ditemenin uji nyali!)
Jadi saia disuruh berkenalan dengan 25 orang kak, orang yg baru saia temuin, dan nanti kakak diminta mengisi form ini... (dia nunjukin form yg entah kenapa udah kumel padahal barus satu baris yg keisi,,heheee). Di situ ada kolom nama, terus nmr telp, dan kolom penilaian tentang si dia (haseeeekk, si dia)..
#akhirnya cowok yg ternyata bernama Nur Hidayat (kok ternyata? iya, soalnya saia pikir muka kaya dia namanya Tommy atau Andre) kami persilahkan duduk dekat kami (iyalah dekat kami,, masa jauh2.. orang mau kenalan kok)..
Usut2 punya usut, ternyata dia adik kelas dari Hadi (ca.ka. BEM UNJ 2011)..haiaaaaahh,, what a small world!! Setelah asik basa-basi ngalor ngidul, kami pun poto2.. :)
cat: To Nur Hidayat, tx ya sudah mau diajak poto sama orang yg baru kamu kenal... padahal kamu kan masih kecil,,pasti baru kali ini boleh main jauh sama mama kamu,, >,< (--apa coba hubungannya??)
This is Nur Hidayat, mahasiswa angk. 2011 Manajemen Bisnis GICI Bussines School
ckck,,ini cewek dua katanya "mba ulan aja ya".. tapi kok ternyata poto juga...
Setelah ada sedikit intermezo dari adik mahasiswa yang lucu-manis-polos ini,,akhirnya kami lapar.. tapi bingung mau makan dimana.. so, ketika keluar perpus liat tukang es dogger, kami belilah si abang..
Ehh,,salah.. kami panggilah si abang, dan kami belilah apa yang didagangkan.. jadi,,akhirnya kami beli es teh.. (loh? katanya tkg es dogger? gmn sih? cerita aja pake galau..).
Lagi beli es dogger, kami (tepatnya nissa duluan) liat ada cowok lumayan eye-catching mukanya,, dia pake jaket kulit, badannya juga proporsional,,duduk di atas motor gede warna marun,,ga tau merek apa,,model2 CBR-nya Honda gitu deh..melting sekali ngeliatnya..kereennn (pikiran kami)..
Pas kami liat lebih lama lagi,,ternyata si cowok juga lagi makan es dogger.. *gubrak* !! Hancur sudah berkeping2 bayangan kami ttg cowok yg kayak model pidio klip ini,, ga da yg salah sih dengan makan es dogger,, tapi... cowok keren, jaket kulit, motor gede, es dogger? perasaan ada yg gimanaa gitu.. heheeee --sayang saia ga sempet moto--

ini dia es dogger pengganjal lapar :D
Akhirnyaaa,,sore pun tiba,,
Owiya,,saia gak cuma sama nissa, puteri, dan miss korea saja rupanya.. ternyata ada eep dan malla baladraf.. Tapi kami cuma ketemu sampe jam12-an,,setelah malla baladraf dan miss korea kelar baca tabloid gossip (ke perpusnas baca tabloid gossip,,keren sekali ya kawan saia itu.. different in a good way.. hahahaaaa), mereka bertiga (septi, eep, malla) pun pergi mencari sesuap nasi..
Sedangkan kami?? baru melangkahkan kaki keluar pagar perpus ketika waktu sudah menunjukkan pukul 5sore,,hmm...really nice day.. Terimakasih kawan, terimakasih pegawai perpusnas, terimakasih tukan es dogger,,terimakasih semuanyaaaaa :D
si cantik eep
with malla baladraf-ku sayang^^
kunci loker nih.. bae2 ilang..
ini dia karcis busway yg sempet dibuang sama nissa,, tapi saia ambil lagi dari tong sampah.. mengharukan bukan cerita si karcis?

the last but not least...blog reader,, itulah cerita Hari Paling Norak Sedunia saia.. banyak noraknya kan? ya..betull.. sekian tahun di Indonesia,,masih aja cupu sama tempat2 keren.. ga cuma perpus,, tapi juga mall dan gedung2 di jakarta.. doakan saia,, semoga bisa menjelajah dan memberi informasi yang bermanfaat buat kalian^^ selamat menapak tilas :D

NB: owiya, di hari paling norak sedunia ini ada kalimat favorit kami (saia, nissa, puteri)... yaitu:
"different in a good way..yassalaaam"..
#perpaduan yang unik bukan? heheeee...




1 komentar:

  1. Huaaa....niat bangat nih, kumpulin data2 buat posting blog.. Tapi like this mba..Lanjutkan!!

    BalasHapus