Sabtu, 01 Oktober 2011

Maicih vs Maisa

Sebenernya judul di atas agaklebaygaknyambunggimanaaagituh.. Mana bisa maicih diversusin sama maisa?? Kalo yang satu itu merek dari cemilan pedes dari singkong, yang satu lagi (aslinya mak isa,, tapi jadi maisa biar bagus aja disandingin ma maicih --walaupun maksa--) adalah merek dari tempat makan nasi bebek. Yang satu singkong, yang satu bebek.. gak bisa kan?? Mungkin bisanya di duetmautin,, tapi, sebelum anda berani menduetmautkan dua merek tersebut.. Baca dulu postingan ini..

*to be continue

Saia tipe orang yang gak doyan pedes dan gak bisa makan pake lauk yang pedes, sampai di tahun ini saia mengenal mak isa dan maicih. Kita bahas satu2 ya..

Mak isa itu yang punya warung makan berjudul nasi bebek mak isa..udah pernah dikunjungin ma Pak Bondan.. dan summmppaaah!! Pedesnya minta ampun tuh sambel bumbu bebek.. Udah gitu jualannya emang cuma nasi sama bebek, lauk lain cuma ampela ati dan semua lauk itu (termasuk bebeknya) rasanya hambar kalo gak pake bumbu sambelnya. Jadi emang tu bumbu sesuatu banget deh kalo makan di Nasi Bebek Mak Isa. Pertama kali makan, SAIA GAK BISA MAKAN!! kesiaan bener lidah saia,, *duh,,nulis ini aja brasa kelenjar ludah ngeluarin liur..hahaaaii,,lebayy bin lebuy! Tapi gak tau kenapa, saia gak nolak diajakin lagi untuk kedua, ketiga,keempat dan seterus kalinya.. dan itulah pertama kalinya saia menyukai makanan yang paling pedes dlm hidup saia.. ah,,romantis sekali bukan jalinan kasih saia sama bebeknya mak isa? Satu porsi nasi bebek 11rb rupiah aja. Lokasi Nasi Bebek Mak Isa itu sendiri pusatnya di Jl. Raya Klender (arah pasar klender) Cipinang Kebembem, Jakarta Timur (deket Logistik Polri Cipinang), dan cabangnya baru satu, di deket pintu tol Pedati Jakarta Timur, tau deh nama jalannya apa. Tapi yang di pedati ini papan namanya Mak Isah (pake 'h' gitu deh), jangan2 cabang gadungan? Tapi semuanya sama kok, bebek ma bumbunya sama banget.. Tapi kalo yg di pedati ini tempatnya kecil.. kalo Mak Isa pusat, lumayanlah satu ruangan yang harusnya jadi ruang tamu ma ruang tivi, dibobol jadi ruang tempat makan. Keren ya Mak Isa.. all out sekali.. ckck.. *mukadatarpalageleng2

Kalo Maicih, jiaaah pasti udah pada tau. Eh, tapi gak juga deh,, scara ada temen kampus yang kalo saia ngomong 'maicih' masih suka gak nyambung, disangkanya ngomongin orang.. bahkan ada temen saia yg pernah nyebut 'maicih' itu 'makijih'. Kalo udah begini urusannya, tinggal dua kemungkinan.. tu orang gak pernah maen twitter/bahkan gak punya twitter, atau tu orang budek,, jadi intinya masalah ada di temen saia, bukan di Maicihnya.. *keplok! nanti bikin skripsi minta bantuan aja lo ma maicih! --berasa ada suara-suara kayak begitu di kepala saia--
Nah, maicih ini cemilan dari singkong yang rupa2 jenisnya, rupa2 juga rasanya, tapi satu yang sama, semuanya PEDESSSS!! Mari saia paparkan satu per satu jenisnya..
Dari segi pemilik,, brand maicih dimiliki oleh dua orang ade kakak yang gossipnya karena suatu hal jadi misah dlm ngejalanin bisnis ini. Alhasil, emang beda tampilan dan rasa produknya walaupun namanya sama. Si kakak (Dimas Ginanjar Merdeka) memiliki Maicih yang di kemasannya, si Maicih madep depan. Kemasan produk juga bagus. Cemilan dibungkus plastik, dan di bungkus lagi pake kantong kertas. Elegan banget,,brasa abis beli coklat luar negeri. Nah, di maicih tampak depan ini, dibungkusannya udah komplit ada legalitas dr BPOM, Dinkes dan MUI. Ada juga tanggal kadaluarsanya. Info maicih tampak depan ini bisa diliat di twitter @maicih dan webnya www.maicih.com. Produk maicih tampak depan yang saia tau (karena saia udah nyobain) ada 5 (keripik, makaroni, gurilem, lampion, basreng). Tingkat pedes keripik ada levelnya, level 3, 5, 10.. sampe sekarang saia penasaran kenapa 3angka itu yg dijadiin level.. mungkinkah itu perbandingan jumlah cabainya? Kalo produk jenis lain gak ada level2an. tapi feeling saia sih dari rasanya, setara sama level 3. Harganya? Semua jenis dan level maicih madep depan 18ribu, kecuali keripik level 10, harganya 20rb. Stau saia, maicih madep depan ini dijual cuma di Dago, Bandung. Kalo weekend banyak bgt mobil plat B yg ngantri buat beli maicih beratus2 bungkus. Biasanya buat dijual lagi di Jabodetabek, secara eceran, atau emang udah merupakan pesanan.

Nah, tadi kan maicih punya si kakak.. sekarang maicih punya si ade (Reza Nurhilman), yaitu maicih madep samping. Terdiri dari 3jenis produk. Seblak, gurilem, dan keripik. Yang punya level juga cuma keripik. Tapi tingkat pedes produk lainnya, kira-kira setara dengan level 5. Maicih madep samping ini kemasannya cuma plastik, dan hanya ada info twitternya @infomaicih. Cara jualannya cukup unik,, dr twitternya kita bisa ngeliat jadwal para jenderal (distributor) Maicih gentayangan or ngesot (belum ada y ngerangkak atau merayap) di tempat2 tertentu, dari jam sekian sampe jam sekian, pake mobil jenis X, warna apa, plat nomor bla3x, ada juga yang di rumah. Seru juga ni kejar2annya,, kalo lagi gimana ngantri panjaaang bener,, kalo lagi gimana yang  lain, ampe sang jederal duduk santai bbm-an karena ga da yg beli lagi. Tapi mereka biasanya sesuai jadwal. Kalo bilang dari jam1-4 sore.. ya pasti ada, walaupun udah abis maicihnya. Harganya semua jenis dan level 15rb, kecuali keripik level 10 hrgnya 18rb. Buat jadi jenderal maicih madep samping ini, silahkan cari info di twitternya. Bisa juga mesen lewat telepon atw sms. Rajin2 aja liat TLnya di twitter.

Terlepas dari perbedaan dua maicih tersebut dan konflik yg terjadi di antara keduanya, saia tetap bersyukur karena mereka cuma 2 orang kakak beradik. Coba kalo mereka 3 kakak beradik dan terjadi konflik di antara ketiganya? Kebayang dialog mereka:
Anak pertama: "okeh, saia akan bikin logo maicih yang madep depan!
Anak kedua: "kalo begitu saia maicih yg madep samping!
Anak ketiga: "yaudah! berarti saia bikin maicih madep belakang!
Anak 1 & 2: #hening.. mereka terdiam.. mereka iba sama si adik, kebayang si adik jualan makanan yg dibungkusannya berlogo emak2 yg keliatan kondenya doang

Nah, sebelum postingan ini berubah jadi promo ilegal (secara saya baru iciher --penikmat maicih, belom jd jenderal), maka saia akan menyampaikan bahwa maicih adalah makanan kedua yang saia sukai, padahal pedasnya ampun2an. Saia merasa sudah ditaklukkan oleh dua merek tersebut, maicih dan maisa. Karena, bukan berarti saia jadi suka pedes, kalo makan2an yg lain, kayak telor balado, ayam rica-rica, mie ayam,,tetep aja ga bisa pedes.. malah gak kemakan ntar, tapi beda sama maicih dan maisa.. kedua makanan itu bisa bikin saia kangen dikala duit tidak ada, dan bikin saia ketagihan utk beli lagi.. Alhamdulillahnya saia yang gak suka pedes ini, gak pernah knapa-napa perutnya mengkonsumsi dua makanan itu.. Tapi jelas-jelas dompet saia yg kenapa-napa. heheee..
So, sekarang saia jadi pengen benar2 menduetkan sekaligus memversuskan dua makanan itu. Makan nasi bebek maisa pake maicih, dan bandingkan pedesnya..hahhaahaaaa!!

*tips sebelum makan makanan super pedes kayak maicih dan maisa: minum air putih dulu ya kawan,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar