Sabtu, 01 Oktober 2011

Kenapa SAIA bukan SAYA?

Tampaknya doa saia di postingan pertama mulai agak terkabul (musti hati2 milih kata2, jangan sampe sok tau tentang pengabulan doa). Sebelum saia logout blog, ternyata kepikiran bikin satu tulisan lagi. Saia jadi inget beberapa pertanyaan gak penting yg pernah ditanyakan sama saia. Saia pilih pertanyaan yang gak penting utk saia muat di postingan ini soalnya kalo pertanyaan penting, pasti orang nanyanya gak ke saya.. hee..
*(maksa) nyengir tapi mikir juga,,

Satu
T: Kenapa kalo nulis kata 'saya' itu pake 'i', bukan pake 'y'?
J: biar unyu aja.. (unyu ya, bukan alay.. kalo alay mungkin nulisnya jadi 'saaiiiiaaahh"). Terus, biar ga terlalu formal. Masalahnya saia ga terlalu biasa gunain 'gw-elo' kecuali direct speech (haseeekk,,baing keluar) sama temen2 deket atau justru sama orang yg paketan 'gak deket dan nyebelin'..

Dua
T: Kenapa pindah jurusan ke Pendidikan Luar Sekolah setelah 4 tahun kuliah di Fisika? (ini sebenernya pertanyaan penting tapi jadi gak penting kalo yg nanya bukan orang yg penting dalam hidup saia)
J: (kalo lagi mood) Karena saia tidak mampu menanggung seumur hidup gelar S.Pd Jurusan Fisika. Secara keilmuan, saia sangat jauh dari kapasitas mahasiswa tahun ke-4 saat itu. So, saia lebih baik 'mengorbankan' 4tahun saia, dari pada mengorbankan sisa umur saia selanjutnya yang entah masih berapa.
(kalo lagi gak mood) Yaah, pengen aja.

Tiga
T: (biasanya pertanyaan lanjutan dr pertanyaan kedua) Emang gak sayang dan gak kasian ma orangtua? Buang-buang waktu dan uang kan..
J: (kalo lagi mood) Justru karena sayang dan kasian, saia gak mau mereka punya anak yg malu-maluin. Sarjana fisika tapi ngajar SMA aja gak bisa.
(kalo lagi gak mood) Itu kan kata situ buang2 uang dan waktu, kata saia dan ortu saia mah, ini salah satu jalan hidup yang mendewasakan, ini sebuah pembelajaran berharga dari Allah. Ini saatnya belajar ikhlas dengan rencana Allah. Dan ini salah satu alasannya gue bukan anak orang tua lo, dan lo bukan anak orangtua gue..! (beuuuh,,mulai emosi biasanya)

Empat
T: (pertanyaan lebih gak penting dan parahnya masih lanjutan dari pertanyaan ketiga) Kenapa waktu SPMB milihnya Fisika kalo gitu?
J: (mood) Karena saia suka Fisika. Saia keluar bukan gak bisa Fisika atau kuliah di Fisika berat, tapi karena saia gak bisa nanggung beban gelarnya dan saianya yang gak cocok (ternyata) dengan kultur akademik di sana). Bukan jurusannya yang salah. Tapi saianya yang (ternyata) gak cocok. Saia masih tetep suka Fisika dan tetap merasa Fisika itu keren.
(gak mood) Ya suka-suka saia lah...

Lima
T: (pertanyaan paling gak penting dan kayaknya yg nanya mulai ketauan gak nyambungnya --soalnya pertanyaan ini harusnya gak ditanyain kalo dia ngerti jawaban2 pertanyaan sebelumnya) Kenapa gak coba bertahan sampe kelar? Malah melarikan diri dgn pindah jurusan..
J: (mood) Saia sudah bertahan semampu saia, makanya baru di tahun ke-4 saia pindah. Saia tidak merasa salah jurusan, saia suka di Jurusan Fisika, tapi kenapa saia tidak bisa menjadi mahasiswa yang baik dalam akademiknya? Ternyata saia tahu jawabannya sekarang.. saia ditakdirkan masuk Jurusan Fisika, yg utama bukan untuk belajar ilmu Fisika dan mendapat gelar di sana, tapi yang utama adalah saia belajar tentang kehidupan dan kematangan berpikir..yang itu ternyata menjadi modal yg kuat bagi saia untuk menjalani kehidupan perkuliahan di jurusan yang sekarang (Pendidikan Luar Sekolah).
(gak mood) Yah, situ kan gak tau kondisi real saia. Jadi enak aja ngomong kayak gitu. Saia bertahan, sesuai dengan batas kemampuan saia. Ini cuma masalah ngambil resiko yg bisa saia jalani kok, bukan pelarian.. *Grrr
#biasanya abis itu saia tinggal pergi tu orang


--begitulah kawan,,mungkin suatu hari saia bakal cerita lebih komplit kondisi, proses berpikir dan pertimbangan yg waktu itu muncul untuk salah satu kasus kehidupan saia ini-- (bilangnya suatu hari, tapi bisa aja saia ntar sore udah mosting, hehhee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar