Sabtu, 16 Maret 2013

Teman Duduk Kehamilan #SmartPregnancy

Bismillah, Shalawat
Salam blogger... :)

Buat saia, kehamilan pertama rasanya seperti disuruh berjalan di jalan yg belum saia kenal sambil tutup mata. Untuk itu, ketika tau hamil, saia langsung searching buku, web dan blog resmi info kehamilan, serta akun2 facebook dan twitter tenaga kesehatan yg bisa dipercaya buat nambah informasi yg benar tentang kehamilan. Kali ini, saia mau sharing tentang sebaik2nya teman duduk a.k.a buku dulu. Ini daftar beserta sinopsis singkatnya:

1) HAVING A BABY : Panduan Modern Kehamilan yang Bahagia, Sehat, dan Cerdas
Penulis Mehmet C. Oz, MD dan Michael F. Roizen, M.D
Bukunya tebel! Komplit mengulas secara ilmiah tentang kehamilan, tips praktis utk mengatasi keluhan selama kehamilan, menu sehat, serta banyak ilustrasi yg menarik. Tapi karena ini buku yg ditulis orang luar, jadi ada beberapa hal yg kurang sesuai dengan kondisi kita orang timur... *maksudnya?* Seperti misalnya menu makanan, byk bahan makanan yg asing di telinga. Selebihnya, buku ini bener2 kayak buku literatur ilmiah kedokteran bagian kandungan dengan bahasa yg disederhanakan... Dr. Oz dkk menghapus mitos dan menyajikan fakta ilmiah. Kita akan tau alasan biologis kenapa kaki kita bengkak ketika hamil, mengapa semenit kita ingin muntah ketika makan kue kering, tapi semenit kemudian pengen mangga muda. Buku ini juga membahas kiat dan strategi untuk memaksimalkan pengalaman dan meraih hasil yg diinginkan, yaitu bayi yg sehat dan bahagia melalui:
- Epigenetika, yang dapat mengontrol gen2 bayi kita sehingga kita bisa melejitkan kemampuan terbaiknya kelak, berapapun usia kehamilan kita.
- "Papan Permainan Menuju Kelahiran" yang keren dan interaktif, membawa kita pada petualangan menakjubkan saat persalinan agar kita paham apa yang dapat kita kendalikan dan mana yg sebaiknya kita serahkan pada ahlinya.
- 8 prioritas penting pasca-melahirkan, petualangan kedua bagaimana merawat diri kita dan bayi selama bulan2 pertama kehidupan.
- Petunjuk singkat dan menarik tentang olahraga, diet, vitamin, memilih dokter/bidan, serta resep2 praktis dan lezat yg bisa dibuat oleh suami kita. *note: ini dia yg saia ga ngerti, ttg bahan2 yg ga familiar*
- Beragam efek samping yang mungkin dirasakan dan bagaimana mengatasinya.

2) Gentle Birth - Melahirkan Nyaman Tanpa Rasa Sakit
Penulis: Yesie Aprilia S.ST, M.Kes dan Brenda Ritchmond
Proses persalinan memang identik dengan pengalaman menyakitkan dan meregang nyawa. Namun dengan metode gentle birth ini, para ibu dapat dibantu untuk mendapatkan pengalaman bersalin yang tenang, alami, dan jauh dari trauma.*bisa sampe melahirkan tanpa perobekan, atau bahkan tanpa mengejan lho*
Gentle birth merupakan cara melahirkan primitif yang saat ini kembali nge-tren. Metode persalinan alami ini dipopulerkan kembali dengan banyaknya selebriti yang melahirkan dengan konsep gentle birth. Tidak hanya mengutamakan kenyamanan calon ibu, gentle birth lebih berfokus kepada janin yang akan segera lahir ke dunia.
Buku ini membahas metode gentle birth secara lengkap, mulai dari persiapan selama masa kehamilan hingga persalinan, panduan memilih kelas ibu hamil (yoga hamil, senam hamil, dan relaksasi hypnobirthing), perencanaan persalinan, hingga pembahasan metode persalinan yang menerapkan metode gentle birth, seperti water birth, lotus birth, orgasmic birth, dan relaksasi hypnobirthing.
*note: buku ini direkomendasikan oleh bidan saia saat pertama kali periksa :)*
 
3) CatatanAyahASI
Selama ini, kegiatan menyusui dianggap sebagai melulu urusan antara bayi dan ibu. Dalam buku ini, 8 ayah muda: Aditia Sudarto, Dipa Andika Nurprasetyo, Ernest Prakasa, Pandu Gunawan, A. Rahmat Hidayat, Shafiq Pontoh, Sogi Indra Dhuaja, dan Syarief Hidayatullah berusaha memberi sudut pandang lain tentang peran ayah dalam urusan menyusui ini. Selama proses pemberian ASI untuk buah hati, mereka tersadarkan bahwa ayah dapat dan sangat bisa berperan bagi keberhasilan dalam proses tersebut. Ketika istri dilanda baby blues, saat ia tak percaya diri karena kualitas dan kuantitas ASI-nya diragukan, suamilah tempat ia bersandar. Saat ia jenuh dan lelah mengurus anak, saat itulah suami bisa berperan dan menggantikan.
Seiring perjalanan 8 ayah tersebut dalam mendukung proses pemberian ASI, mereka jadi banyak belajar tentang seluk-beluk menyusui. Mereka belajar memisahkan mana info yang benar, mana yang sekadar mitos. Mereka jadi paham apa saja yang dibutuhkan dan bisa kami lakukan agar produksi, pemberian ASI, dan manajemen ASI Perah lancar.
Cerita-cerita mereka dalam mendukung dan mendampingi istri serta pengetahuan mereka seputar pemberian ASI dihimpun menjadi buku ini. Mereka bukan ahli; justru berawal dari kesalahan yang berujung kesadaran, mereka ingin dengan catatan ini ada lebih banyak pihak yang peduli tentang ASI dan menyusui, terutama para ayah.

4) Panduan Konseling Menyusui
Penulis: dr. Hj. Utami Roesli, SpA., MBA., IBCLC., FABM.
Keberhasilan menyusui dan pemberian ASI Eksklusif ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya pengetahuan tentang ASI dan tata cara menyusui yang benar. Buku ini hadir untuk membantu para ibu, ayah, tenaga kesehatan, dan konselor laktasi dalam mendukung ibu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Di dalamnya dilengkapi foto dan ilustrasi yg menarik.

5)Doa & Dzikir untuk Ibu Hamil
Penulis: Ust. K. Akbar Saman
Di buku ini, harus dipilah2, mana doa yg ada rujukan Qur'an-Haditsnya... Ada juga amalan2 yg tidak dicantumkan sumbernya sehingga dikhawatirkan mengada2, seperti mengalungkan tulisan do'a, dan semacamnya... Jadi, berdoa menurut yg diajarkan Al-Qur'an dan hadits aja yaaa :D

Semoga bermanfaat! :D *cat: buku2 kayak gini bukan cuma buat bumil, tapi para calon ayah juga..kalo suami kita males baca, kita aja yg bacain buat suami, heheeheee*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar