Jumat, 02 Desember 2011

Nasionalisme Miring

Hmm,,saia sebenernya pengen ganti judul..abis kayaknya sotoy banget.. Berasa nasionalisme saia paling tinggi dan paling lurus sejagat aja.. Tapi,,susah nyari padanannya..so..gimana kalo baca dulu artikelnya, dan blog reader silahkan beri judul masing2? Yang jelas, judul utk postingan ini versi saia ya yg diatas, belum nemu yg better..hehee :)
Kenapa sama nasionalisme miring? Terus maksudnya apa? Hmm,,gini..
Waktu kemaren Sea Games, saia nonton (tumben banget) pertandingan Indonesia-Vietnam.. terus pas berkumandang lagu kebangsaan negara Vietnam,,daaaannn,,what??? dari tivi..saia ngedenger samar2 suporter Indonesia bersorak ketika lagu tersebut berkumandang..tentu bukan sorakan positif ketika melihat ekspresi dari para pemain Vietnam..
Deg!! Seketika saia sedih..sediiihh,,banget..well,,saia emang mungkin jarang banget nonton pertandingan level internasional kayak gini, apalagi nonton langsung dan memberi dukungan secara fisik dengan kehadiran di venue.. jadi, mungkin kadar nasionalisme saia ga da apa2nya dibandingkan mereka yang rela ngantri berjam2 utk mendapatkan tiket, rela berdesak2an, dan bersorak membahana memberi dukungan di GBK...
Tapi jujur,,saia sediih banget ngeliat ekspresi pemain2 Vietnam yang denger lagu kebangsaannya disorakin.. Saia bayangin, kalo Indonesia yang main di luar negeri, terus suporternya dikit, terus disorakin ketika anthemnya dikumandangkan,,hmm,,pasti bete, jengkel, sedih karena rindu bertanding di rumah, dsb..*well,,mungkin saia juga agak sok tau sama mental atlit*.. But, really..it's not good thing to do.. Apalagi Vietnam,,ada apa sama Vietnam?? Kalo sorakan itu ditujukan untuk Malaysia, saia masih bisa memaklumi, walaupun tidak juga menyetujui. Tapi Vietnam? Kenapa coba? Haahh,,kalo saia jadi atlit bola, saia pasti bakal mengkampanyekan suporter sportif.. Suporter yang rajin beribadah dan gak ninggalin solatnya ketika mendukung tim garuda tanding..justru malah makin getol ibadah biar bisa nyisipin doa kemenangan. Gak cuma berdoa di fb, atau jejaring sosial lain.. Aneh banget kalo ada yg berdoa Indonesia menang tapi gak sholat maghrib..ckck... *well,,saia tau, pasti alasannya susah, kondisi ga memungkinkan dsb, tapi, yaah,,gmn ya,,saia sih ga nyaranin jamak, karena ga ada aturannya jamak karena nonton bola, tapi,,ayolah,,jangan ga sholat karena bola,,hehehee--
Terus,,saia jadi berpikir,,mungkin ga sih kalo Indonesia kemaren kalah, gara2 kelakuan supporternya..? Hehee..maksudnya gini..kita kan emang tugasnya usaha, terus yang menentukan kemenangan tetep aja Allah..btw, Indonesia sama Malaysia kan sama2 negara mayoritas muslim tuh.. Saia sih kepikiran kalo di mata Allah, Malaysia lebih pantas menyandang juara daripada Indonesia..terlepas dari strategi, organisasi or kualitas pemain yg mungkin lebih baik,,tapi jauh di balik itu semua, Malaysia lebih bermental juara..yang kemenangannya pun di acc sama Allah.. *soalnya kalo ga di acc pasti ga jadi menang,,gampang aja kan?*
Mungkin, para penyuka tayangan olahraga, pertandingan olahraga atau berita olahraga bilang, Malaysia juga ga pantes juara..terutama dilihat dari kelakuan mereka terhadap Indonesia..tapi bisa jadi,,balasan kita terhadap perbuatan jelek mereka membuat kita lebih buruk dari mereka..jadi sekarang udah ga maen sapa yg baik sapa yg buruk, tapi sapa yg buruk dan sapa yg lebih buruk.
U have to know this..bahwa 'juara', bukan cuma masalah kualitas fisik, tapi juga mental dan atitude.. dan 'juara', juga bukan cuma urusan si atlit, tapi juga urusan semua yang terlibat n melibatkan diri.. percuma atlit sportif tapi pelatih maen curang.. percuma atlit sportif tapi suporter curang.. bayangin coba, waktu indonesia maen di malaysia dan kiper kita brasa matanya disorot laser dari arah suporter lawan?? Kita mau indonesia menang gara2 kiper lawan kita kerjain?? Bangga gituh?? ckck..
Teruuusss,,saia ga tau pasti sih,,pas kosong,,gedung GBK penuh sampah ga ya? Kalo iya, brarti pelakunya kemungkinan besar orang Indonesia juga..hmm,,gimana mau dimenangin kalo ngejaga bumi Allah dari sesuatu yg ga indah aja ga bisa? Cinta Indonesia utk pertandingannya doang, berasa jati diri bangsa hanya ada di sepakbola..padahal, mungkin akan lebih menghibur ketika kita dibombardir komentar miring oleh berita international tentang penyelenggaraan Sea Games, tapi ada berita bahwa stadion sepakbola di Indonesia, sepeninggalnya suporter, bersih! Tidak ada sampah!
"Aaah,,ga bakal diliat itu maahh!" Eiitss,, sapa bilang, selalu ada pencari berita yg mencari berita yg berbeda..di saat yg lain memberitakan hal yg buruk, dia bisa melihat hal yg positif.
#Tapi kadang, saia juga bingung kalo mau buang sampah,,ternyata di lingkungan kita, masih jarang banget tong sampah pinggir jalan,,ckck..gimana orang mau buang sampah pada tempatnya??
Well,,itu salah dua kasus yang saia sebut nasionalisme miring...
1) Nyorakin anthem negara lain
2) Buang sampah sembarangan di negeri sendiri *kalo buang sampah di negeri orang lain bukan nasionalisme miring lagi namanya, tapi otaknya emang miring!*
Nah, yang ketiga..hehehee...agak aneh sih saia angkat ini buat melengkapi contoh kasus nasionalisme miring.. Saia mau ambil kasus Syahrini yang didaulat menyambut David Beckham..bukan Syahrini nya yg saia sorot jadi kasus,,tapi komen2 yang ada di masyarakat (ga semua), terutama di jejaring sosial, ttg sosok Syahrini...baik itu dari artis, atau dari masyarakat umum.. Well,,saia juga agak bingung sih kenapa Syahrini yg nyambut, tapi bukan karena saia merasa dia ga pantes, tapi..alasannya ituloh..kalo kata pihak SCTV, karena Syahrini lagi naik daun..laahh?? Naik daun kan di Indonesia..apa hubungannya sama nyambut atlit sepakbola luar negeri?? Kalo kata David Beckham,,meneketehe dia lagi naik daunn?? Kalo Jupe yg didaulat, saia paham, dia gila bola, dan dia juga jago B.Inggris. Syahrini juga B.Inggrisnya mungkin oke, tapi,,trackrecord dia di bidang sepakbola apa? But anyway,,,di luar keheranan saia Syahrini yg dipilih, bukan berarti dibenarkan kalo kita mengungkapkan keheranan kita itu *bahkan mungkin kekecewaan* --ngapain juga sih kecewa?? Syahrini juga ga kacau2 banget kok-- dengan ledekan, sindiran, dan makian.. Yang ngomong Syahrini malu2in lah,, --saia ga mudeng, malu2innya di mana sih? Muka oke, Pakaian oke, Jambulnya juga lucu,,hahahaaa *walaupun ada yg bilang kurang Indonesia utk bajunya, tapi kan ketutup sama jambul khatulistiwanya,,artis laen, mending bikin trendmark sendiri deh, ketimbang ngomongin artis lain cuma gara2 ngiri bukan dia yg kepilih nyambut Beckham*, tapi emang biasanya artis kita begitu kan? Biasanya juga ga Indonesia, walau ga semua -dgn buka2an sana sini dan kadang yg penting batik, walaupun modelnya bikini* <<< ini asal jeplak, tanpa bukti---
Nah, yg bikin saia ngecap nasionalisme miring adalah ketika komentar2 itu berubah menjadi makian dan cemoohan yang kasar banget..bahkan ada yg bawa2 agama buat nasehatin Syahrini.. *mana Syahrini tauuu??secara nasehatinnya di kolom komen berita internet, Syahrini buka internet buat nyari berita ttg dirinya juga gak kayaknya* Ko bisa ya? Padahal yang komentar itu belum tentu bisa lo kalo dia disuruh gantiin Syahrini,, Emang bisa ngomong B.Inggris? Emang punya baju batik yg oke punya buat ngadep Beckham? Heheeee..saia jadi ikut2an komen deh..
So,,kalo masalah perwakilan kita untuk dunia Internasional,,ga usahlah gitu2 amaat.. toh masih orang Indonesia.. Saia cukup seneng Syahrini yg ngewakilin, karena dia mukanya Indonesia banget,,asli turunan Indonesia.. Saia mungkin bakalan ga seneng kalo yg ngewakilin Indonesia itu mukanya blasteran, bule2 gitu deehh,,banyak kan sekarang artis, kalo ga mukanya bule, namanya bule,,hehehee..jadi berasa pribumi ga mampu gituh buat nampilin Indonesia yang apik dan ciamik??
But, apapun itu,,ayolaaahh,,apalagi yg sesama artis (sesama ama Syahrini maksudnya, bukan saia), ga usah segitunya ngiri sama Syahrini, hihiii,,terus buat kawan2 yg suka nonton berita artis atau baca berita artis,,iiihhh,,baik2laaahhh,,jangan keburu komen atau ambil kesimpulan,,karena biasanya berita itu cuma rekaan,,prediksi yg bener sukur, salah wajar,,gitu deh.. Contohnya berita Syahrini berhasil mendapatkan tandatangan di dada dari Beckham,,semuaaaaaaa udah pada marah2 n nyecer Syahrini. Padahal, setelah di klarifikasi, itu baju di tandatanganin pas gala dinner, dimana baju itu lagi ga dipake,,hehehee,,pas ajah lagi di dada atas bagian kanan,,naahh,,kalo udah kayak ginii, siapa yang malu dan malu2in??
--btw, saia juga jadi nasehatin artis, sotoy banget,,nyampe juga ga ke tu artis,,hihihiii--

So, kawan, marilah kita reka ulang definisi nasionalisme secara pribadi.. Jangan sampai, definisi nasionalisme kita miring. Marah Indonesia dikalahkan bangsa lain, tapi mencemooh orang Indonesia lainnya di dunia maya yang bisa dikases seluuurruh dunia. Marah budaya kita diklaim Malaysia, tapi buang sampah di negeri sendiri. Marah TKI kita dicelakai, tapi mengarahkan contek massal di ujian nasional. So, kalo kayak gitu, nasionalisme miring identik sama perbuatan jilat ludah sendiri kawan.. Menjijikan sekali bukan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar