Minggu, 03 Maret 2013

Aku dan Bidanku, Pemeriksaan Pertama #HappyPreggyLady

Bismillah dan Shalawat...
Salam blog reader...

Sudah lama pengen bikin postingan tentang perjalanan kehamilan. Sebagai bumil anak pertama, tentu banyak kagetnya, banyak belum taunya, banyak bingungnya, dan banyak penasarannya. Sebelum hamil, saia cukup banyak cari info ttg bagaimana bisa hamil, hehe.. Dan kehamilan justru terjadi di saat pikiran saia dan suami teralihkan penuh oleh kepergian bapak dr suami tercinta. Ternyata di balik kepergian bapak, Allah merencanakan hal yg lain juga bagi keluarga kami, yaitu kehadiran seorang jiwa baru dalam perut saia.

Setelah cukup yakin dgn hasil 2 merk tes kehamilan yg menunjukkan positif, saia dan suami memutuskan utk periksa ke petugas kesehatan. Saia periksa ke bidan yg rumah sekaligus tempat prakteknya hanya dipisahkan oleh 3 rumah dr rumah saia. Kenapa di bidan? Terlepas dari banyaknya orang sekitar saia yg memang lebih merekomendasikan bidan daripada dokter, nyatanya alasan utama saia periksa ke bidan karena kondisi badan saia yg teler banget bikin saia tidak bisa *gakuatjuga* utk ke dokter di klinik atau rumah sakit yg perlu naik kendaraan, atau perlu tahu dulu jadwal, atau bahkan perlu ngantri dulu kalo di rumah sakit.

Alhamdulillah, sampai sekarang saia bersyukuuurr sekali Allah menakdirkan saia bertemu dgn bidan yang satu ini. Let me present you, my bidan (bidan itu b.Ing nya apa seh??) Chrisna Trirestuti, S.ST. Masih muda, sepertinya umurnya hanya setahun lebih muda dari saia. Dan yg lebih bikin semangat lagi, dia sedang menuntaskan kuliah S2 nya sambil jadi dosen di salah satu akademi kebidanan di Bogor. How AMAZE me!
Pertama kali periksa, semuuuuuaaa yg saia rasain ditanggapi positif sama dia. Mual, tidak bisa berdiri lama (bahkan utk sholat yg 3 dan 4 rakaat harus duduk), mandi jarang krn ga kuat berdiri, lemas, benci bau2an, dll. Ditanggapi positif gimana? Dia bilang itu semua tanda2 yang bagus buat saia. Dia kasih advice, selama mabok dan teler tri semester pertama, makanlah apa saja yg saia mau. Nasi ga masuk? Ubi boleh, kentang boleh, donat boleh, roti boleh, kue pisang boleh, arem2 boleh, apa aja yg ngenyangin dan bisa masuk, boleh. Susu? Apa aja yg saia doyan, ga harus susu hamil. Buah? Apalagi! Ga ada pantangan buah! Semuanya boleh dimakan...kecuali daging mentah atau olahan setengah matang. Selain itu, saia juga dijelaskan secara ilmiah kenapa semua reaksi yg bagus di tri semester pertama itu terjadi pada saia. Kayak lagi kuliah sama ibu dosen yg baik hati :)

Lalu saia diperiksa perutnya. Dipegang2, ditekan... dan diberi tahu posisi janin ada di mana. Saia dipandu meraba kantong kehamilan (waktu itu usia kehamilan antara 6-7minggu). So sweet. Terharu bgt ketika ada 'lentingan' di perut saia. Sisanya, mba Ena (saia manggilnya gitu) ini mengucapkan selamat sama saia dan ngasih tau kalo tidak ada yg perlu dikhawatirkan soal kehamilan. Asal ibunya happy, bayinya juga pasti tumbuh sehat. Nanti pemeriksaan berikutnya kita akan membahas ttg panggul, mata minus, makanan, nutrisi, aktivitas, dll. Allah udah ngasih jalan yg alami utk seorang bayi keluar. Tindakan medis yg diakukan semua nanti pada akhirnya berdasarkan kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan si bayi dan ibu. Lakukan hal positif yg bisa bumil lakukan. Makan makanan yg bisa bumil makan. Jangan membandingkan kehamilan kita dengan kehamilan orang lain. Sebisa mungkin jika mendapat info negatif ttg kehamilan, konfirmasikan ke bidan, atau dokter, atau sumber informasi lain.

Pemeriksaan yg berlangsung hampir 1jam itu (kalo sama kebanyakan dokter mungkin ga bisa ya karena byknya pasien yg antri dan jadwal praktek dokter yg bisa loncat kota) merupakan saat2 menyenangkan bagi saia dan suami. Begitu hangat, full of positive suggestion, full of real information, dan bikin saia menyayangkan krn jadwal baliknya masih satu bulan lagi, hehehe... Hari itu, saia pulang periksa dgn membawa 2 strip suplemen penambah darah dan buku kesehatan ibu dan anak dr Dinas Kesehatan Kota Depok. Buku yg tipis, tapi isinya luar biasa. Ada info singkat yg penting utk diketahui para ibu dari hamil sampai anak berumur 5tahun. Juga kolom catatan kesehatan yg rutin diisi bidan saia setiap pemeriksaan :)
So, sampai jumpa di pertemuan dgn bidan saia yg ke2, 3, 4 dst...
See you on The TOP!


3 komentar:

  1. mau tanaya ne,,kalau perempuan mengalami perut kembung,enek,tapi tidak muntah disertai keringat dingin itu tanda tanda kenapa ya,

    BalasHapus
  2. Mba maaf, Kalo boleh tahu, bidan nya lokasinya dimana ya? Thanks in advance

    BalasHapus